Assalaamu'alaikum kawan-kawan semua. Kali ini kita akan membahas mengenai asas kontinuitas. kawan-kawan tau gak apa itu asas kontinui...

Asas Kontinuitas

Assalaamu'alaikum kawan-kawan semua.
Kali ini kita akan membahas mengenai asas kontinuitas. kawan-kawan tau gak apa itu asas kontinuitas? mungkin bagi orang-orang yang berkecimpung di bidang Fisika, konsep asas kontinuitas ini sudah tidak asing lagi. Asas kontinuitas merupakan salah satu konsep di bidang fisika yang termasuk ke dalam bab Fluida Dinamis. Fluida Dinamis merupakan fluida yang bergerak. Contohnya seperti air di sungai, air terjun, dsb. Nah konsep asas kontinuitas itu sendiri adalah sebuah persamaan yang menghubungkan tentang kecepatan aliran suatu fluida dari suatu tempat ke tempat lainnya. Masih bingung? saya kasih contoh. Kawan-kawan tentu pernah lihat sungai kan? nah lebar sungai kan tidak selalu sama ya? Pernahkah kawan-kawan bandingkan kecepatan air ketika lebar sungainya besar dan ketika lebar sungainya kecil? Asas kontinuitas ini membahas hal tersebut. Tapi, kalo di buku-buku itu perbandingan kecepatan aliran fluida nya itu tidak di sungai, tetapi dalam sebuah pipa yang mempunyai luas penampang yang berbeda.
Perhatikan gambar di bawah ini :


Kecepatan aliran fluida ketika melewati penampang 1 tentunya akan berbeda dengan ketika fluida tersebut melewati penampang 2. Hal ini karena luas penampang 1 lebih besar daripada luas penampang 2. Secara matematis, hubungan antara kecepatan fluida di luas penampang 1 dan di luas penampang 2 dinyatakan sebagai berikut :
Q1 = Q2
A1 v1 = A2 v2

Keterangan :
Q1 =Debit fluida di luas penampang 1 (m3/s)
Q2 =Debit fluida di luas penampang 2 (m3/s)
A1 =Luas penampang 1 (m2)
A2 =Luas penampang 2 (m2)
v1 =Kecepatan fluida di luas penampang 1 (m/s)
v2 =Kecepatan fluida di luas penampang 2 (m/s)

Bagaimana kawan-kawan? Sudah mengerti?
Sekian pembahasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.
Wassalaamu'alaikum wr.wb.



0 komentar: